Senin, 02 Oktober 2017

kenali batu ginjal lebih dekat

kenali batu ginjal lebih dekat,- Batu ginjal merupakan suatu kondisi di mana terjadi penumpukan mineral di ginjal. Mineral yang menumpuk tersebut mengeras dan membentuk komponen padat yang berasal dari konsentrat urine. Batu ginjal yang terbentuk di dalam tubuh manusia tersebut disebut dengan nephrolithiasis.

Normalnya, setiap manusia memiliki dua buah batu ginjal dalam tubuhnya yang terletak di belakang perut, tepatnya di seberang tulang belakang. Ginjal manusia berbentuk seperti kacang dam memiliki ukuran dibawah 4 inci.

Ginjal sendiri mempunyai tugas sebagai organ yang bertanggungjawab terhadap pembuangan zat-zat sisa dari dalam darah, di mana hal tersebut akan membuat darah menjadi bersih untuk kemudian dialirkan ke seluruh tubuh. Sementara sisa zat yang di keluarkan dari tubuh akan berbentuk air seni atau saat buang air kecil.

Jadi, saat batu ginjal terbentuk, di dalam ginjal akan terdapat benjolan kecil-kecil atau berukuran besar yang menyerupai batu. Kondisi tersebut terjadi karena adanya pengendapan zat-zat seperti asam urat maupun kalsium, yang semestinya tidak tertinggal di dalam tubuh. Sedangkan, kolik ginjal terjadi saat batu ginjal yang ada di dalam tubuh jadi memunculkan rasa sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar